0341-582881, 0341-588395 Psw.253 pasca@unmer.ac.id

Wakil Rektor III Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, Drs. Sutopo, S.Pd., M.Pd.I. berhasil menyandang gelar Doktor Ilmu Sosial ke 267 di Program Pascasarjana Universitas Merdeka (Unmer) Malang pada Kamis (02/05) setelah menyelesaikan Disertasi yang berjudul Perilaku Masyarakat Desa Drajat Pada Tradisi Ziarah Kubur di Makam Sunan Drajat (Kajian Fenomenologi Dalam Tradisi Ziarah Kubur di Makam Sunan Drajat Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur).

Berdasarkan hasil disertasi dapat ditemukan kesimpulan bahwa faktor yang melatarbelakangi tradisi ziarah kubur di Makam Sunan Drajat terdiri atas Faktor internal yang terdiri atas pengembangan istiqomah dari tokoh masyarakat dan para Ustadz untuk menyelenggarakan kegiatan religi seperti pengajian dan lain sebagainya dan Faktor Eksternal yang berasal dari pemegang kebijakan Desa Drajat yang memantau kegiatan perekonomian di situs Makam Sunan Drajat.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dapat meraih gelar Doktor Ilmu Sosial. Semoga ilmu yang saya pelajari selama kuliah di Program Pascasarjana Unmer Malang dapat membawa manfaat bagi diri saya, keluarga dan masyarakat,” ujar Sutopo.


Deprecated: Directive 'allow_url_include' is deprecated in Unknown on line 0